Widgets

|

Apakah HIV dapat Menular Lewat Gigitan Nyamuk?

Mengapa ya nyamuk menghisap darah?
Apakah virus HIV bisa menular lewat gigitan nyamuk?

Sebagaimana kita ketahui  HIV dapat menular melalui penggunaan jarum suntik secara bersamaan. Hal ini karena terdapat potensi  terjadinya pertukaran darah saat penggunaan jarum suntik tersebut. Nah bagaimana dengan gigitan nyamuk? Apakah dapat menularkan HIV juga?
Pada dasarnya, Virus AIDS (HIV) yang menginfeksi manusia dari jarum suntik ataupun sarana lain dapat berikatan dengan Sel T pada manusia dan mulai mereplikasi. Sel T manusia adalah sel inang yang sangat cocok untuk virus AIDS sehingga apabila menggunakan jarum suntik bersamaan akan menginfeksi Sel T langsung. Berbeda saat nyamuk menggigit manusia dengan HIV dalam darahnya, HIV memasuki usus nyamuk yang tidak mengandung Sel T manusia. Kejadian ini membuat virus HIV tidak memiliki sel inang untuk mereplikasikan diri dan untuk dipecah dalam sistem pencernaan nyamuk. Virus AIDS tersebut akan membusuk dalam usus nyamuk sebelum menggigit manusia lain, sehingga virus menjadi tak bisa ditularkan.
Hal ini berbeda dengan parasit bersel tunggal penyebab malaria. Mereka dapat bertahan hidup dan berkembang biak di dalam usus nyamuk sehingga dapat menular. Sporozoit hasil perkembangan mereka bermigrasi ke kelenjar ludah serangga sehingga saat menggigit dan menyuntikkan air liur mereka pada manusia akan membuat manusia tersebut ikut menderita malaria.

Posted by Fellthis Cecillia on 10.12. Filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

0 komentar for "Apakah HIV dapat Menular Lewat Gigitan Nyamuk?"

Leave a reply