Widgets

|

Kantata Takwa (album)


Kantata Takwa (album)



Kantata Takwa adalah album dari grup musik Kantata Takwa yang dirilis pada tahun 1990. Album ini adalah proyek kolaborasi musik dari banyak seniman dan musisi kawakan Indonesia seperti Iwan Fals, Sawung Jabo, Jockie Surjoprajogo dan didukung keterlibatan penyair dan sastrawan Indonesia W.S. Rendra. Beberapa lagu dari album ini digunakan dalam film berjudul sama yang dirilis tahun 2008, yaitu lagu "Kantata Takwa", "Kesaksian", Paman Doblang", dan "Air Mata". Saat dirilis dalam bentuk kaset tahun 1990, dalam buklet album ini terdapat tiket untuk memasuki pagelaran musik akbar "Kantata Takwa" yang diadakan pada tanggal 23 Juni 1990 di Stadion Utama Gelora Bung Karno.
Pada tahun 2007, album Kantata Takwa masuk ke peringkat #64 di dalam daftar "150 Album Indonesia Terbaik" yang diterbitkan dalam majalah Rolling Stone Indonesia bulan Desember 2007.

Konser Perdana Kantata 1990

20 Nov

Malam itu, 23 Juni 1990 di Stadion Utama Senayan Jakarta berkumpul ratusan ribu penikmat musik untuk menikmati konser akbar Kantata. Konser tersebut tercatat sebagai salah satu konser terbesar dalam catatan sejarah musik Indonesia, baik dari segi kuantitas penonton maupun dalam kualitas penyelenggaraan.
Kantata diantara diisi oleh para pekerja seni di negeri ini diantaranya adalah seniman kondang Indonesia W.S. Rendra dan musisi-musisi kawakan dari grup musik “Kantata”, yaitu Iwan Fals, Sawung Jabo, Yockie Suryoprayogo, dan Setiawan Djodi.
Konser megah dengan panggung seluas 60 x 23 meter dihiasi kepala burung Rajawali, dilengkapi dengan aksi sinar laser yang membuat konser tersebut terhitung paling megah dan kolosal di zamannya. Konser Kantata Takwa berlangsung meriah dan Euphoria dengan disaksikan sekitar 150.000 pasang mata yang memadati Stadion sejak siang hari.
Sajak sajak Rendra seperti Kesaksian dan Paman Doblang dimusikalisasikan dalam Kantata Takwa. Bagi Rendra, puisi dalm konser musik adalah hal baru. “Musik ini bukan ilustrasi, pementasan itu suatu kesatuan“. (AS)
Berikut kami sertakan beberapa foto eksklusif yang belum beredar dimanapun, biarkan gambar yang berbicara. :D

Posted by Fellthis Cecillia on 19.45. Filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

0 komentar for " Kantata Takwa (album)"

Leave a reply