Widgets

|

Adli Mansur: Saya tidak akan mencalonkan diri sebagai presiden

Adli Mansur: Saya tidak akan mencalonkan diri sebagai presiden
Adli Mansur. ©AFP

Merdeka.com - Presiden sementara Mesir Adli Mansur menyatakan dirinya tidak akan mencalonkan diri sebagai presiden dalam pemilihan presiden yang dijadwalkan bakal digelar tahun depan.
Mansur dilantik sebagai presiden sementara Negeri Sungai Nil itu pada 4 Juli lalu, sehari setelah militer Mesir menggulingkan mantan Presiden Muhammad Mursi mengikuti protes massa menentang pemerintahannya, seperti dilansir stasiun televisi Al Arabiya, Selasa (19/11), mengutip laporan surat kabar asal Kuwait Al-Seyassah pada hari ini.
Mansur sebetulnya telah ditunjuk sebagai ketua Mahkamah Konstitusi Mesir oleh Mursi. Tetapi dia belum disumpah sebagai kepala pengadilan tertinggi itu sampai beberapa jam sebelum akhirnya dia diambil sumpahnya sebagai presiden sementara.
"Tidak, Tidak, saya akan kembali ke kantor saya dan pekerjaan saya di Mahkamah Konstitusi," kata Mansur, ketika ditanya apakah dirinya akan mencalonkan diri sebagai presiden oleh koran Al-Seyassah.
Sekutu Barat telah menyaksikan dengan cemas bagaimana negara Arab terpadat itu tersandung di jalannya menuju demokrasi, setelah meletupnya sebuah pemberontakan rakyat untuk menggulingkan mantan Presiden Husni Mubarak pada 2011 lalu.
Penggulingan Mursi, presiden pertama Mesir yang terpilih secara demokratis, dari kekuasaannya itu oleh militer dikatakan untuk menanggapi kehendak rakyat. Militer Mesir juga menjanjikan sebuah peta politik yang akan membawa Mesir kepada pemilihan umum yang bebas dan adil.
Pasukan keamanan Mesir juga telah melakukan tindakan keras terhadap gerakan Ikhwanul Muslimin.
Di bawah peta politik itu, Mansur akan tetap menjabat sebagai kepala pemerintahan sementara Mesir sampai pemilihan presiden diadakan, mengikuti pemilu parlemen dan persetujuan dari amandemen dalam Konstitusi yang ditangguhkan dalam sebuah referendum.
Dalam sebuah wawancara pada awal bulan ini, Menteri Luar Negeri Mesir Nabil Fahmy mengatakan pemilu parlemen akan berlangsung pada bulan Februari atau Maret, sementara pemilihan presiden dijadwalkan akan digelar awal musim panas mendatang.
Belum ada tokoh terkemuka yang menyatakan niatnya secara publik untuk mencalonkan diri sebagai presiden. Tapi spekulasi telah meningkat bahwa kepala militer Mesir, Jenderal Abdel Fattah al-Sisi, orang yang menggulingkan Mursi, kemungkinan akan mencalonkan diri.
Al-Sisi telah muncul sebagai tokoh paling populer di Mesir, dan para pengamat mengatakan dia akan menjadi Presiden jika dirinya mencalonkan diri. Al-Sisi dipandang sebagai seorang pemimpin yang menentukan yang dapat memulihkan stabilitas.

Posted by Fellthis Cecillia on 09.13. Filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

0 komentar for " Adli Mansur: Saya tidak akan mencalonkan diri sebagai presiden"

Leave a reply