Widgets

|

Ikhwanul Muslimin tawarkan negosiasi buat akhiri krisis di Mesir



Ikhwanul Muslimin tawarkan negosiasi buat akhiri krisis di Mesir
bentrokan antara pendukung mursi dengan militer. ©REUTERS


Merdeka.com - Koalisi Islam yang dipimpin oleh Ikhwanul Muslimin dua hari lalu menawarkan negosiasi untuk mengakhiri huru-hara mematikan yang terjadi sejak penggulingan Presiden Mesir Muhammad Mursi, meski tidak secara eksplisit menegaskan pemulihannya.
"Koalisi memanggil terhadap semua kekuatan revolusioner, partai politik, dan tokoh-tokoh patriotik untuk memasukkan sebuah dialog yang mendalam terkait penyelesaian krisis," kata koalisi itu dalam sebuah pernyataannya, seperti dilansir situs abc.net.au, Ahad (17/11).
"Proposal itu merupakan proposal paling fleksibel belum pernah dibuat sebelumnya oleh koalisi di depan umum, dan muncul tanpa adanya ketentuan," kata seorang pejabat koalisi.
Koalisi bersikeras pada pernyataan mereka untuk menjaga oposisi damai. Namun, mereka mengatakan bahwa pihaknya menginginkan sebuah konsensus untuk kepentingan umum dan negara. Koalisi kerap mengatur protes mingguan meskipun adanya tindakan keras dari polisi.
Usulan itu datang setelah lebih dari seribu orang, sebagian besar pendukung Mursi, tewas dalam bentrokan dengan polisi, dan menyebabkan ribuan lebih lainnya ditangkap.Banyak dari pemimpin Ikhwanul Muslimin telah diadili, termasuk Mursi sendiri.
"Kita tidak punya ketentuan, dan seharusnya juga mereka," ujar Imam Youssef, seorang pemimpin dari Partai Asala, yang merupakan bagian dari koalisi Islam.
Namun dia menambahkan bahwa perundingan harus menuju kepada sebuah solusi demokratis, dan koalisi ingin mereka mulai dalam waktu dua minggu.Koalisi telah siap untuk mendiskusikan semua solusi yang dapat menuntun menuju stabilitas.
Youssef mengatakan kelompok Islam bersedia untuk menghormati tuntutan jutaan pengunjuk rasa yang turun ke jalan-jalan, yang menyerukan penggulingan Mursi.
"Kami ingin solusi yang demokratis, dan itu tidak berarti kita harus berada dalam kekuasaan," ucap dia.
Ketika ditanya apakah pasukan koalisi akan bersikeras untuk mengembalikan kekuasaan Mursi kembali, dia menjawab bahwa pihaknya tidak mau berada di depan diri mereka sendi

Posted by Fellthis Cecillia on 09.07. Filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

0 komentar for "Ikhwanul Muslimin tawarkan negosiasi buat akhiri krisis di Mesir"

Leave a reply