Widgets

|

Mesir negara Arab paling bahaya bagi perempuan

Merdeka.com - Dalam survei dibuat Yayasan Thomson Reuters baru-baru ini, para ahli menyatakan pelecehan seksual, tingginya angka praktik khitan pada perempuan dan penyerangan terhadap kaum hawa pada acara demonstrasi menjadi penyebab Mesir dinilai sebagai negara Arab paling berbahaya bagi perempuan.

Stasiun televisi Al Arabiya melaporkan, Rabu (13/11), diskriminasi di bidang hukum dan meningkatnya perdagangan perempuan turut berperan menempatkan Mesir pada urutan paling bontot dari 22 negara Arab yang disurvei.

Munculnya musim semi Arab yang diawali di Mesir saat penggulingan Husni Mubarak menjadi faktor yang diperkirakan akan menjadi keuntungan dan perbaikan kondisi bagi kaum hawa. Namun kenyataan berbicara sebaliknya. Konflik semakin berkepanjangan dan kaum perempuan turut menjadi korban.

"Kami menggulingkan Mubarak dari tampuk kekuasaan tapi kami masih harus mengenyahkan Mubarak yang bersemanyam di pikiran kami dan di kamar tidur kami," kata penulis kolom Mona Elthawhy.

"Seperti diperlihatkan jajak pendapat itu, kita kaum perempuan harus melakukan revolusi ganda, satu menentang kediktatoran yang menghancurkan bangsa kita dan satu lagi percampuran budaya dan agama yang menghancurkan kehidupan kaum wanita."

Jajak pendapat yang diadakan untuk ketiga kalinya ini oleh Yayasan Thomson Reuters (poll2013.trust.org) memberi gambaran menyeluruh tentang kondisi hak asasi bagi kaum perempuan di dunia Arab sejak bergulirnya revolusi Mesir pada 2011 hingga konflik Suriah saat ini.

Irak menjadi negara kedua terburuk setelah Mesir dalam perlakuan terhadap kaum perempuan. Diikuti Arab Saudi, Suriah, dan Yaman.

Sejumlah pertanyaan dalam survei itu didasarkan pada Konvensi Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk Penghapusan Semua Bentuk Diskriminasi terhadap Perempuan (CEDAW) yang telah diratifikasi oleh 19 negara Arab.

Survei itu meliputi soal kekerasan terhadap perempuan, hak bereproduksi, perlakuan keluarga terhadap perempuan, peran kaum hawa di masyarakat, bidang politik, dan ekonomi.


Mesir negara Arab paling bahaya bagi perempuan
Demo Mesir. ©Mosa'ab Elshamy

Posted by Fellthis Cecillia on 09.02. Filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

0 komentar for "Mesir negara Arab paling bahaya bagi perempuan"

Leave a reply