Widgets

|

Dewan Keamanan PBB sepakat musnahkan senjata kimia Suriah

Merdeka.com - Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-bangsa kemarin akhirnya menyatakan sepakat menyetujui resolusi untuk pemusnahan senjata kimia Suriah. Keputusan itu diambil setelah Rusia dan Amerika Serikat setuju untuk membatalkan serangan Amerika ke Suriah.

Stasiun televisi Al Arabiya melaporkan, Sabtu (28/9), Menteri Luar Negeri Prancis Laurent Fabius juga berharap ada kepastian tanggal untuk pembicaraan damai Suriah di Jenewa nanti.

"Saya berharap kita bisa menentukan hari untuk mengadakan perundingan Jenewa 2 karena satu-satunya solusi adalah secara politik. Kita sepakat untuk pemusnahan senjata kimia tapi rakyat masih saling bunuh di lapangan," kata dia kepada wartawan seperti dikutip kantor berita Reuters.

Sebanyak 15 anggota Dewan Keamanan PBB melakukan pemungutan suara dan semuanya menyatakan setuju.

Presiden Amerika Barack Hussein Obama menyatakan kesepakatan itu sebagai kemenangan besar bagi komunitas internasional.

Rancangan resolusi itu menuntut Suriah menghentikan produksi dan penyimpanan senjata kimia serta mengizinkan ahli senjata kimia mengakses fasilitas mereka. Jika Suriah menolak maka Dewan Keamanan akan menjalankan resolusi kedua sebagai konsekuensinya.



Dewan Keamanan PBB sepakat musnahkan senjata kimia Suriah
Senjata kimia Suriah. ©scrapetv.com

Posted by Fellthis Cecillia on 19.13. Filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

0 komentar for "Dewan Keamanan PBB sepakat musnahkan senjata kimia Suriah"

Leave a reply